Alat Makeup Untuk Pemula

Alat make up adalah seperangkat alat yang dapat memudahkanmu dalam menggunakan make up. Ketahui 8 alat make up yang akan membuat hidupmu lebih mudah, disini.

Sebagai seorang pemula dalam dunia kosmetik atau make up, sering kali di antara kita pasti bingung untuk memilih alat-alat make up mana yang harus didahulukan.

Memilih alat make up itu juga nggak boleh asal loh! Kita harus tahu terlebih dahulu, apa fungsinya, bagaimana cara pemakaiannya, dan apakah alat make up tersebut dapat memudahkan kita sebagai pemula?

Tapi, kamu nggak perlu bingung lagi, disini author akan menjelaskan beberapa jenis alat make up yang harus kamu miliki jika kamu ingin memulai untuk menggunakan make up.

Pastikan kamu juga memilih produk-produk make up yang pas dan sesuai dengan kulitmu sebelumnya. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Lip Liner/ Lip Brush

Lip Brush

Fungsi : membantu mengaplikasikan produk pewarna bibir agar hasil lebih merata, halus, dan rapi.

Alat make up yang pertama adalah Lip Liner atau Lip Brush. Seperti yang sudah author jelaskan di atas, bahwa alat ini memiliki fungsi untuk memudahkanmu menggunakan lip product. Alat ini juga sering dipakai oleh MUA loh, Syarah People.

Biasanya, penggunaan lip brush ini membuat hasil tampak lebih halus dan rata. Karena terkadang beberapa lipstick ada yang mudah patah atau menggumpal ketika di aplikasikan di bibir.

Alat ini juga membuat warna lebih merata, sehingga jika kamu ingin melakukan ombre pun, gradasi warna yang muncul juga rapi. 

Seperangkat Brush Make Up

Brush Set

Fungsi : membaurkan atau meratakan produk make up pada wajah.

Alat make up kedua adalah seperangkat brush. Seperangkat brush yang harus kamu miliki adalah brush untuk eyeshadow, blush on, foundation, dan juga bedak. Biasanya tiap jenis memiliki diameter dan bentuk brush yang berbeda.

Untuk brush foundation, biasanya memiliki diameter sedang, dan bentuk brush yang rata di bagian ujung. Bentuk yang seperti ini membuat foundation akan lebih merata, tidak menggumpal di beberapa bagian, atau tebal sebagian. 

Sedangkan brush untuk eyeshadow memiliki ukuran yang lebih kecil dan bentuk yang agak meruncing di ujungnya. Ia juga cenderung berbentuk pipih, sehingga memudahkan kita ketika ingin membaurkan eyeshadow.

Eyelash Curler

Fungsi : membuat bulu mata menjadi lebih lentik.

Alat make up berikutnya adalah eyelash curler atau biasa kita sebut dengan penjepit bulu mata. Seiring berjalannya waktu, ada beberapa jenis penjepit bulu mata yang saat ini beredar di pasaran tanah air.

Eyelash Curler Wide Angle
Tipe I (Wide Angle Eyelash Curler)

Jika kamu memiliki bulu mata yang pendek dan sedikit maka penjepit bulu mata Tipe I akan memudahkan kamu menjangkau bulu mata bagian paling ujung tanpa harus merasakan sakit akibat penjepit bulu mata yang terlalu besar dan menekan kelopak mata.

Eyelash Tipe Ii
Tipe II

Sedangkan jika kamu memiliki bulu mata yang panjang dan lebat, maka penjepit bulu mata Tipe II ini cocok untuk kamu coba, karena ia lebih kuat dan lebar.

Eyelash Curler Tipe Iii
Tipe III

Untuk penjepit bulu mata Tipe III ini terasa lebih aman sehingga jika kamu memiliki bulu mata yang rawan rontok atau patah, patut untuk kamu coba. 

Beauty Sponge

Beauty Sponge

Fungsi : meratakan segala jenis produk make up dengan tekstur creamy atau liquid.

Alat make up lainnya yang nggak kalah penting adalah beauty sponge. Beauty sponge ini penting karena selain berguna untuk meratakan produk-produk foundation, sunscreen, primer, atau concealer, ia juga mampu mempengaruhi hasil akhir dari make up kamu.

Penggunaan beauty sponge ini biasanya dapat membuat tampilan make up kamu lebih bertahan lama, dan cenderung agak dewy

Beauty sponge juga dapat membantumu mempersingkat waktu karena make up akan lebih mudah diratakan.

Eyeliner Pen

Eyeliner Pen

Fungsi : Eyeliner berbentuk pen atau spidol yang membuat kita semakin mudah membentuk eyeliner.

Sebenarnya produk yang satu ini juga tergolong dalam produk make up. Tetapi, karena sekarang ini ada dua jenis eyeliner, maka author sarankan kamu pakai eyeliner berjenis pen atau spidol untuk memudahkanmu.

Eyeliner pen ini biasanya memiliki ujung yang cukup runcing dan bagian pen yang cukup kokoh. Sehingga membuat para pemula menjadi lebih mudah untuk membentuk eyeliner mereka.

Eyeliner pen ini biasanya juga dilengkapi dengan formula yang cepat kering, sehingga untuk pemula yang belum terbiasa menggunakan eyeliner, akan terbantu dan tidak belepotan. Jadi kamu tidak perlu menggunakan alat make up pendukung lain agar eyeliner kamu rapi.

2in1 Eyebrow Pencil + Brush Matic

2in1 Eyebrow Pencil Brush Matic

Fungsi : Untuk mempertegas alis dengan mempertajam warna dan membingkainya.

Eyebrow dan brush yang autor maksud disini adalah yang sudah sekaligus ada brushnya yah, Syarah People. 

Eyebrow pencil jenis matic ini menjadi salah satu alat make up yang akan memudahkan kamu para pemula, karena kamu tidak perlu repot-repot merautnya.

Pensil alis dengan pemutar ini juga memiliki ujung yang pipih, sehingga memudahkan kamu untuk membuat bingkai alis yang presisi.

Jika kamu masih belum mahir menggunakan pensil alis, cari tahu terlebih dahulu, bentuk alis yang paling cocok dengan bentuk wajah kamu.

Hal ini diperlukan percobaan berulang kali, namun akan lebih memudahkanmu ketika sudah menemukannya.

Dan author sarankan untuk memilih pensil alis yang tidak terlalu creamy agar warnanya tidak terlalu pekat. Sehingga, saat kamu masih mengira-ngira seberapa tebal warna alis yang cocok dengan wajahmu, kamu tidak kaget dengan warnanya yang terlalu pigmented.

Reusable Cleansing Pad

Reusable Cleansing Pad

Fungsi : Untuk membersihkan wajah dari make up, menggantikan kapas. 

Produk berikutnya untuk pelengkap alat make up kamu adalah cleansing pad, atau bisa juga berupa reusable cotton. Produk ini bertugas untuk menggantikan kapas, dan lebih ramah lingkungan karena bisa dicuci ulang. 

Kamu juga nggak perlu khawatir karena biasanya produk ini terbuat dari microfiber yang bersifat anti jamur dan anti bakteri.

Reusable cleansing pad ini mampu membersihkan make up kamu lebih bersih dari kapas, namun ketika terkena kulit, ia lebih lembut dari kapas. Sehingga aman digunakan sekalipun untuk kulit sensitif.

Brush Cleaner

Brush Cleaner

Fungsi : Membuat brush lebih bersih sehingga dapat digunakan berulang kali.

Seperti namanya, brush cleaner ini berfungsi untuk membersihkan brush kamu dari sisa-sisa make up yang masih menempel. 

Brush cleaner ini merupakan salah satu alat make up yang akan sangat bermanfaat untuk pemula, apalagi jika koleksi brush kamu belum begitu banyak. Kamu dapat mengganti powder brush milikmu dengan brush untuk blush on, dengan cara membersihkannya dengan alat ini.

Sehingga kamu bisa langsung menggunakannya tanpa kamu harus mencucinya terlebih dahulu.

Kamu juga bisa menggunakannya sebagai pre-wash tool untuk brush, sehingga ketika dicuci dengan sabun, brush milikmu lebih mudah dibersihkan dan lebih cepat.

Kesimpulan

Delapan produk yang sudah author ulas di atas, masing-masing alat make up memiliki fungsi yang berbeda-beda ya.

Tetap sesuaikan semuanya dengan kebutuhan kamu. Kamu tidak perlu membelinya secara sekaligus, dan beli lah ketika memang kamu butuh.

Jadi, pastikan bahwa produk-produk yang sudah kamu beli itu memang akan terpakai di kemudian hari, dan membantumu secara efektif.

Berikan nilai dan komentar

Nilai