Ade Seorang yang dinamis, suka petualangan dan berteman. Lahir dan besar di Sukoharjo, dan saat ini sedang menjalani keseharian di Ibu Kota.

Menghilangkan Jerawat Batu

jerawat batu

Masalah kulit wajah yang selalu sukses bikin semua wanita panik yaitu jerawat, setuju gak Syarah People? Mulai dari jerawat ukuran kecil, sampai dengan jerawat dengan ukuran besar atau dikenal dengan jerawat batu. Jika kalian memiliki problem ini, pastikan baca dulu artikel ini sampai akhir ya. Jangan sampai kalian terlewatkan penjelasan mengenai cara menghilangkan jerawat batu.

Penyebab Jerawat Batu

Jerawat dengan ukuran besar atau populer dikenal dengan jerawat batu, dapat muncul diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:

Penumpukan Sel Mati dan Minyak

Jerawat batu merupakan suatu problem wajah yang diakibatkan oleh penumpukan sel mati dan minyak. Ketika sel mati dan minyak menjadi satu, maka keduanya hanya akan mengendap di dalam lapisan kulit bagian dalam, bahkan bisa saja berada semakin dalam dari jaringan folikel rambut. Inilah yang menyebabkan jerawat batu cukup sulit untuk diobati.

Penyumbatan Pori-pori

Berkaitan dengan sel mati dan minyak, keduanya juga bisa berkumpul dan menyumbat pori-pori. Sehingga kulit tidak bisa “bernafas” dengan lega ya girls. Penyumbatan tersebut akhirnya meradang dan membentuk benjolan berukuran besar. Ukuran benjolan akan berpotensi semakin besar dan bernanah jika terpapar oleh bakteri pada permukaan kulit paling atas.

Perubahan Hormon

Penyebab selanjutnya adalah adanya perubahan hormon dalam tubuh. Misalnya pada masa pubertas, tingkat hormon androgen yang tinggi dalam tubuh dapat memicu peningkatan produksi minyak (sebum). Kondisi ini membuat produksi sel mati semakin cepat, maka kalian harus lebih sering lagi dalam membersihkan wajah ya girls agar sel mati tidak berlama-lama menumpuk.

Faktor Psikologis

 Hampir sama dengan perubahan hormon, beberapa faktor yang berasal dari kondisi psikologis juga dapat mempengaruhi munculnya jerawat batu. Misalnya adalah kalian berada pada kondisi stres. Keadaan psikis yang stres atau tertekan bisa mempengaruhi hormon tubuh, sehingga salah satu imbasnya adalah bisa muncul jerawat di wajah.

Penggunaan Zat Kimia

 Penggunaan zat kimia yang tidak cocok pada kondisi kulit juga menjadi faktor penyebab jerawat. Zat-zat kimia tersebut biasanya terkandung dalam produk kosmetik atau dari obat-obatan tertentu. Maka jika wajah kalian mulai muncul jerawat sesaat setelah pemakaian kosmetik, segera hentikan pemakaian karena bisa jadi kalian tidak cocok memakai produk tersebut girls.

Jika kalian mengalami masalah dengan jerawat batu, jangan tinggal diam ya girls. Kalian harus segera merawat dan mengobatinya agar tidak menjadi semakin parah. Karena jika tidak segera diobati, akan mengakibatkan munculnya jerawat yang baru di area kulit lainnya. Tentu kalian tidak ingin kan tampilan wajah kalian terganggu oleh jerawat?

Baca Juga: Rekomendasi La Tulipe Untuk Kulit Berminyak

Cara Mengempeskan Jerawat Batu

Cara Mengempeskan Jerawat Batu

Jerawat batu tidak cukup hanya diatasi dengan perawatan biasa ya girls. Kalian tetap membutuhkan obat untuk mempercepat penyembuhan dan mencegahnya menjadi semakin menjalar ke area kulit wajah lainnya. Sebelum mengobati, ada baiknya kalian konsultasikan dulu ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan obat dengan dosis yang tepat.

Namun secara umum, obat-obatan atau skincare yang bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat batu adalah obat yang mengandung beberapa bahan berikut ini:

Benzoil Peroksida

Zat ini sudah sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis jerawat. Cara kerjanya yaitu dengan membunuh bakteri-bakteri yang dapat memicu timbulnya jerawat. Benzoil peroksida dibagi menjadi 2 jenis, yaitu dengan bahan dasar alkohol dan bahan dasar air. Bahan dasar alkohol cenderung bersifat mengeringkan, jadi lebih cocok untuk jenis kulit berminyak.

Sedangkan untuk bahan dasar air, bisa memberikan kelembaban jadi akan cocok buat kalian yang memiliki jenis kulit kering. Zat benzoil peroksida bisa ditemukan di berbagai produk seperti cleanser, lotion, cream, atau gel. Namun jika kalian mengalami iritasi atau jerawat semakin parah, segera hentikan ya!

Antibiotik

Antibiotik berfungsi untuk mengurangi peradangan pada jerawat batu. Selain itu, antibiotik juga membantu menekan pertumbuhan bakteri di dalam jerawat. Namun kalian perlu tau ya girls, antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengurangi produksi minyak (sebum) dan mengangkat sel kulit mati.

Jadi, kalian tetap harus mengkombinasikan antibiotik ini dengan produk perawatan lainnya ya! Minyak dan sel kulit mati jangan sampai dibiarkan menumpuk dan menyumbat pori-pori, karena hal itu justru akan memperparah jerawat batu. Hal penting yang perlu diingat yaitu, obat ini tidak boleh dipakai dalam jangka lama ya girls, segera hentikan jika jerawat kalian sudah sembuh.

Retinoid

Sama seperti kandungan obat sebelumnya, retinoid juga bertugas untuk menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Tetapi, retinoid tidak boleh digunakan bersamaan dengan antibiotik. Untuk itu, kalian harus mengatur waktu penggunaannya. Misalnya, pada pagi hari kalian bisa memakai krim yang mengandung retinoid, dan malamnya bisa mengoleskan antibiotik.

Efek samping dari penggunaan retionid biasanya akan timbul kemerahan dan pengelupasan pada kulit. Namun jangan khawatir ya girls, ini cuma sementara kok. Selain itu, selama pemakaian retinoid kulit kalian akan rentan terhadap sengatan matahari. Jadi sementara, kalian jangan terlalu lama terpapar panas matahari dulu ya selama penyembuhan.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Kulit Bertekstur dengan Rangkaian Skincare

Daftar Skincare untuk Jerawat Batu

Setelah mengetahui kandungan kimia yang bisa menyembuhkan jerawat batu, berikut ini beberapa referensi merk skincare yang bisa kalian gunakan. Jangan lupa untuk selalu cek komposisi dari setiap produk ya, agar manfaatnya tepat sasaran di wajah kalian.

Mineral Botanica Acne Care Night Cream

Mineral Botanica Acne Care Night Cream

Krim malam dari Mineral Botanica ini bisa kalian jadikan obat untuk jerawat batu di wajah kalian ya girls. Beberapa khasiat dari krim ini antara lain bisa mengurangi sebum (minyak), mengobati jerawat, sekaligus memberikan nutrisi pada kulit wajah. Cukup dengan Rp 55.000 jerawat kalian bisa sembuh dan kulit menjadi halus dan cerah.

Garnier Pure Active Acne-Care Whitening Cream

Garnier Pure Active Acne-Care Whitening Cream

Selanjutnya adalah krim acne-care dari Garnier. Krim ini memang diformulasikan untuk kalian yang memiliki problem jerawat di wajah. Selain untuk menghilangkan jerawat batu, krim ini juga bisa melindungi wajah dari sinar UVA dan UVB. Dengan pemakaian rutin, wajah kalian akan semakin sehat dan terlihat cerah, kalian cukup membelinya dengan harga Rp 39.000.

Bioaqua Acne Rejuvenation Cream

Bioaqua Acne Rejuvenation Cream

 Rekomendasi skincare untuk jerawat batu selanjutnya yaitu dari Bioaqua, Acne Rejuvenation Cream. Kalian bisa mengoleskan krim ini pada jerawat batu di wajah kalian. Selain untuk menyembuhkan jerawat, krim ini juga ampuh untuk mengatasi luka bakar ringan. Gunakan secara rutin setidaknya 3 kali sehari ya girls, harganya cuma Rp 40.000.

Sebelum mengalami masalah jerawat batu, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin untuk pencegahan. Selalu bersihkan wajah setelah makeup atau sebelum tidur, dan atur pola makan dengan baik. Lalu, pakailah rangkaian skincare agar kulit wajah selalu lembab dan ternutrisi secara maksimal. Jika sudah terlanjur parah, lebih baik segera konsultasikan pada dokter ya Syarah People.

Ade Seorang yang dinamis, suka petualangan dan berteman. Lahir dan besar di Sukoharjo, dan saat ini sedang menjalani keseharian di Ibu Kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *