Hello Syarah People!. Kali ini author akan mengulas tentang komedo hitam yang seringnya bikin kamu nggak percaya diri dengan wajah kamu. Komedo adalah benjolan hitam yang samar dan tidak sakit pada kulit. Komedo muncul di pori-pori kulit, meskipun tidak menyebabkan sakit, ia dappat menyebabkan jerawat.

Sebenarnya, komedo hitam akan sangat susah dihilangkan karena ini adalah sebuah hal natural dan wajar terjadi pada kulit kita. Apalagi jika kita adalah pemilik kulit dengan tipe berminyak atau kombinasi. Komedo hitam atau putih hanya bisa dihilangkan secara sementara dan hanya bisa dikurangi intensitas kemunculannya pada kulit. Lalu apa aja sih penyebab komedo hitam?.

Penyebab Komedo Hitam

penyebab komedo

Komedo hitam bisa muncul diakibatkan oleh penumpukan sebum atau sel-sel kulit mati yang sudah mengeras, kemudian tercampur dengan keringat, kotoran, dan juga polusi. Penyebab lain seperti hormon, cuaca, dan gaya hidup yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi. Hormon tubuh yang merangsang produksi sebum berlebih saat stress, atau menjelang haid, dapat juga menjadi penyebab komedo hitam ini.

Faktor lain seperti cuaca yang lebih kering, dan gaya hidup yang tidak bersih juga dapat memicu timbulnya si komedo hitam ini. Secara fisik, dari jauh tidak begitu terlihat. Namun saat diamati dari dekat, komedo hitam seperti sedang menyumbat pori-pori, berwarna kuning hingga coklat kehitaman dan menimbulkan tampilan yang kotor dan tekstur wajah yang tidak merata.

Baca Juga: Daftar Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Masker Wajah

Cara Tepat Menghilangkan Komedo Hitam

1. Double Cleansing

mencuci muka

Double cleansing menjadi salah satu step anjuran untuk menghindarkan kulit kalian dari komedo hitam. Ini dapat kalian lakukan dengan cara menghapus makeup atau skincare dengan milk cleanser. Hindari pembersih berbahan minyak, karena dikhawatirkan sisa minyak yang tidak tercuci bersih dapat menyumbat pori-pori. Hapus dengan gerakan perlahan, kemudian cuci wajah kalian menggunakan facewash yang biasa kalian gunakan. Pastikan produk-produk yang kalian gunakan adalah produk yang memang cocok untuk wajah kalian ya, Syarah People!.

Jika kalian menggunakan makeup tebal, maka ada baiknya kalian hapus dengan makeup remover terlebih dahulu, baru kemudian cuci wajah kalian. Apabila dirasa belum bersih, maka kalian dapat gunakan milk cleanser sebelum kalian mencuci wajah kalian. Tetapi perlu diingat, langkah ini akan berakibat pada kulit wajah yang sedikit kering, sehingga kamu harus siap untuk menghidrasi kulitmu setelah melakukan langkah ini

2. Pilih Makeup atau Skincare Non-Comedogenic

wardah untuk kulit berminyak

Skincare atau makeup yang diformulasikan sebagai produk non-comedogenic biasanya telah teruji bahwa produk tersebut tidak memicu timbulnya komedo. Produk-produk semacam itu akan kamu butuhkan agar kulit kalian tetap aman meskipun menggunakan makeup seharian.

Beberapa bahan makeup atau skincare yang dapat mengakibatkan komedo dan menyumbat pori-pori adalah silicone, talc, acrylic, alcohol, dan juga coconut oil. Jadi sebelum membeli dan menggunakan, ada baiknya kamu cek terlebih dahulu apakah produk tersebut mengandung salah satu bahan-bahan di atas. talc biasanya terdapat pada bedak, alcohol biasanya terkandung dalam skincare dengan sensasi cooling, coconut oil biasanya terkandung pada serum atau essential oil itu sendiri. Pilah dan pilihlah dengan tepat ya!.

Baca Juga: Rekomendasi Foundation Terbaik Untuk Kulit Wajah Kering

3. Lakukan Eksfoliasi Minimal 1x Seminggu

eksfoliasi wajah

Eksfoliasi meruakan pengangkatan sel kulit mati dengan bahan-bahan tertentu. Eksfoliasi dibedakan menjadi dua, yaitu chemical exfoliating dan physical exfoliating. Chemical exfoliating berarti memanfaatkan bahan-bahan atau senyawa kimia untuk mengangkat sel kulit mati. Senyawa atau bahan kimia ini bisa bersifat merontokkan atau menghilangkan.

Meskipun bersifat kimiawi, hal ini tidak berbahaya jika kamu menggunakan bahan-bahan yang memang sesuai untuk digunakan sendiri. Chemical peeling atau exfoliating yang berbahaya adalah jika kamu menggunakan bahan-bahan seperti TCA (Thrichloroacetic Acid) dirumah. Peeling atau exfoliating menggunakan TCA hanya boleh dilakukan dengan pengawasan ahli. Sedangkan eksfoliasi secara kimiawi dapat kalian lakukan dengan menggunakan skincare berbahan dasar AHA, BHA, PHA, atau retinol.

Untuk physical exfoliating dapat kalian lakukan dengan cara scrubbing wajah dengan scrub atau masker scrub yang sudah dijual bebas di pasaran dan tentunya memiliki ijin edar dan aman. Pastikan semua produk yang kalian pakai adalah produk-produk yang lulus uji dan memiliki ijin edar. Setelah itu, lakukan scrubbing minimal satu kali dalam seminggu. Gosok permukaan wajah dengan lembut dengan gerakan memutar ke atas. Jangan terlalu kasar jika kau tak ingin kulitmu terluka, hehehe.

4. Gunakan sunscreen

Penggunaan sunscreen atau sunblock sangat sangat disarankan oleh dokter kulit dimanapun. Hal ini tentu bertujuan untuk menghindarkan kita semua dari paparan bebas sinar matahari yang dapat merusak kulit kita. Terpapar sinar matahari terlalu lama dapat mengakibatkan sensasi terbakar atau sunburn, dan juga mengiritasi kulit. Sinar UVA dapat membuat kulit menjadi kehilangan elastisitasnya dan ini tentu dapat mengakibatkan penuaan dini. UVB selain dapat mengakibatkan sunburn, ia dapat merangsang kulit untuk merangsang melanin yang kemudian juga merangsang hyperpigmentasi. Hyperpigmentasi dapat kita lihat sebagai flek-flek hitam juga.

Maka dari itu penggunaan sunscreen sangat disarankan. Tetapi penggunaan sunscreen tidak cukup jika hanya diaplikasikan sekali. Sunscreen harus di aplikasikan berulang setiap 2 jam sekali karena kemampuan sunscreen akan menurun seiring berjalannya waktu. Sunscreen tidak menyerap ke kulit kita. Ia membuat lapisan tersendiri di atas lapisan terluar kulit, mengubah UVA dan UVB menjadi panas atau juga bisa dipantulkan. Jadi bagaimana, apakah kamu masih ragu menggunakan sunscreen?.


About the Author

Hae

Gonna smile at you if you say Hi on me, and if you want to know me, Lets glance at each other! or see me on my social media! :)

View All Articles