Kulit wajah yang merah akibat kosmetik bisa terjadi karena wajah terasa gatal ataupun panas. Gatal atau panas ini biasanya diakibatkan oleh zat ataupun komposisi dari kosmetik yang kita biasa gunakan. Bisa jadi kosmetik tersebut tidak cocok untuk kulit kita Syarah People. Kulit merespon dengan memberi “sinyal” atau tanda yaitu panas bahkan gatal.

Hal ini juga bisa disebut iritasi. Itulah pentingnya buat kalian untuk cek terlebih dulu komposisi yang ada pada kosmetik sebelum kalian memutuskan untuk membelinya. Dalam kasus ini, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan merah di wajah akibat kosmetik Syarah People.

Tapi, masalah akan lebih rumit lagi, jika kalian mencoba kosmetik baru yang jumlahnya lebih dari satu. Reaksi lain seperti timbulnya jerawat atau bruntusan akan lebih sering ditemui. Sebagai antisipasi sebelum mencoba semuanya, ada baiknya kamu pastikan satu persatu ya. Apabila sudah terlanjur terjadi, kita ada tips untuk mengatasinya. Mari kita simak Syarah People!

Hentikan Pemakaian

Saat kamu mencoba beberapa kosmetik baru, atau jika hanya satu. Lantas timbul rasa gatal yang mengganggu, segera hentikan pemakaian dan kembali ke skincare yang biasa kalian gunakan. Rasa gatal timbul sebagai tanda bahwa kosmetik tersebut nggak bagus untuk kulit. Apalagi jika kulit kalian sensitif terhadap fragrance.

Reaksi lain yang dapat timbul selain gatal, adalah kemerahan dengan sensasi panas. Rasa panas dan kemerahan mungkin bisa saja terasa atau terlihat setelah kosmetik dihapus dari wajah. Rasa panas yang dibiarkan tinggal terlalu lama, tanpa perawatan bisa jadi menimbulkan rasa perih. Menghentikan pemakaian sesaat setelah pemakaian pertama adalah langkah yang tepat.

Cuci Wajah Hingga Bersih

mencuci muka

Reaksi negatif yang muncul sesaat setelah pemakaian kosmetik kamu, sebaiknya kamu segera cuci wajah kamu dengan bersih. Gunakan sabun pencuci wajah yang sudah pasti cocok dengan kulitmu. Hindari pencuci wajah baru atau milik orang lain yang berbeda dengan milikmu.

Pemakaian sabun cuci wajah yang berbeda, memilki kemungkinan untuk menimbulkan reaksi negatif pula. Jadi, daripada masalahnya double-double nih Syarah People, sebaiknya jangan coba-coba dulu ya! Kamu nggak ingin kan wajah kamu yang sudah merah padam dan panas itu, akan semakin terasa panas ataupun gatal?

Gunakan Skincare dengan Kandungan Aloe Vera

skincare aloevera

Aloe vera atau bisa disebut lidah buaya memang terkenal memilki banyak manfaat. Selain melembabkan kulit, aloe vera mengandung anti bakteri yang tinggi dan juga memiliki sensasi “cooling” dan calming”. Skincare dengan kandungan aloe vera dapat membantu mengatasi kemerahan dan sensasi panas di wajah kamu.

Aloe vera akan membuat kulit kamu semakin lembab. Pun juga, anti bakterinya dapat menghindarkan kulit kamu semakin meradang akibat terpapar udara bebas dan bakteri. Sekarang ini sudah banyak produk-produk skincare dengan Aloe vera, mulai dari produk lokal ataupun produk import. Hindari produk lidah buaya dengan kandungan alkohol tinggi karena dapat membuat kulitmu kering yah Syarah People.

Baca Juga: Cara Menetralkan Wajah Sebelum Ganti Skincare

Gunakan Skincare dengan Kandungan Snail

skincare snail

Alternatif lain ketika kamu tidak dapat menemukan Aloe vera, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan snail ya Syarah People. Kandungan snail dalam skincare memiliki manfaat yang hampir mirip dengan Aloe vera, memberikan sensani “cooling” dan “calming”. Menenangkan wajah kamu yang mungkin sedang berteriak menolak kosmetik itu. Hehehe.

Manfaat lain dari snail ini bisa membantu mengatasi tekstur di wajah kamu. Jadi, apabila setelah muncul reaksi negatif akibat kosmetik, kalian bisa gunakan skincare dengan kandungan snail ini untuk sehari-hari. Double kill!

Gunakan Moisturizer

moisturizer

Moisturizer yang biasa disebut pelembab ini bisa menjadi kunci untuk memperbaiki wajah kamu yang sedang bermasalah. Ketika wajah terhidrasi dengan baik, maka proses pemulihan kulit akan lebih cepat berjalan. Kamu nggak perlu pakai pelembab yang terlalu mahal. Asalkan cocok dengan kulit wajah kamu, pelembab murah pun bukan masalah.

Hal yang perlu kamu pastikan adalah, pelembab yang kamu gunakan aman dan jelas. Terdapat kode produksi, tanggal kadaluarsa, beserta aturan pemakaian. Perhatikan dengan betul ya Syarah People aturan pakainya. Karena apapun itu, jika berlebihan maka akan berujung tidak baik.

Hindari pelembab dengan kandungan bahan aktif seperti vitamin C dan turunannya. Juga AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid), Retinol beserta turunannya. Karena bahan-bahan aktif ini memiliki kemungkinan untuk menimbulkan iritasi, jika dipakai secara langsung pada kulit.

Kesimpulan

Apabila kemerahan pada wajah sudah terlalu parah. Atau kalian bingung untuk mengatasinya, bisa langsung konsultasikan ke Dokter ya Syarah People. Kuncinya, tidak perlu cemas dan khawatir. Itulah solusi mengatasi kemerahan wajah akibat kosmetik dari author. Semoga bisa menambah referensi dan pengetahuan kalian yah. Terima kasih.


About the Author

Ade

Seorang yang dinamis, suka petualangan dan berteman. Lahir dan besar di Sukoharjo, dan saat ini sedang menjalani keseharian di Ibu Kota.

View All Articles