Ade Seorang yang dinamis, suka petualangan dan berteman. Lahir dan besar di Sukoharjo, dan saat ini sedang menjalani keseharian di Ibu Kota.

Merawat Rambut Kering dan Mengembang

cara merawat rambut kering dan mengembang

Rambut merupakan perhiasan alami bagi setiap orang yang dapat menunjang penampilan. Sebagian orang menyukai rambut pendek, panjang, berponi, dan lain-lain. Apapun bentuk gaya rambut kalian, pastikan rambut kalian selalu sehat ya. Jangan sampai rambut menjadi kering dan mengembang tidak beraturan. Kalian harus tau cara merawat rambut kering dan mengembang ya bro.

Penyebab Rambut Kering

penyebab rambut kering

Sebelum kalian menerapkan perawatan agar rambut tidak kering dan mengembang, kalian harus paham terlebih dulu tentang apa saja yang menjadi penyebab-penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang paling umum terjadi, yaitu:

Penggunaan Hairdryer

Mengeringkan rambut dengan hairdryer memang dapat menghemat waktu. Namun terlalu sering menggunakan alat ini dapat membuat rambut kalian menjadi kering. Panas yang dihasilkan dari alat pengering ini dapat menghilangkan minyak atau lemak alami dalam rambut. Akibatnya, rambut menjadi kering dan mengembang secara tidak beraturan.

Penggunaan Produk Cat Rambut

Mewarnai rambut memang bisa meningkatkan rasa percaya diri bagi wanita. Namun, jika rambut terlalu sering terkena zat kimia maka dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak. Solusinya adalah, jika rambut kalian telah dicat, maka harus diimbangi dengan perawatan extra ya Syarah People. Setidaknya gunakan vitamin khusus rambut agar rambut tetap sehat.

Sering Keramas

Keramas merupakan hal yang wajib dilakukan agar rambut selalu bersih. Tetapi terlalu sering keramas justru membuat rambut menjadi kering loh. Zat kimia dalam shampo dapat mengikis kelembaban alami rambut. Sebaiknya kalian keramas setiap 2-3 hari sekali saja ya Syarah People, kecuali jika memang dirasa rambut kalian sangat kotor.

Shampo Tidak Cocok

Berkaitan dengan poin nomor 3, shampo yang digunakan untuk keramas juga berpotensi membuat rambut kering loh. Hal ini mungkin sekali terjadi jika ternyata produk shampo tersebut tidak cocok untuk rambut kalian. Jika rambut kalian terasa kering sesaat setelah keramas, bisa jadi rambut kalian tidak cocok dengan shampo yang telah digunakan.

Baca Juga: 4 Tahap Mudah Menjaga Bulu Mata Tidak Rontok

Shampo yang Bagus untuk Rambut Kering

Rambut yang kering dan mengembang tidak beraturan harus segera ditangani dengan benar ya. Jika rambut dibiarkan dalam kondisi kering terlalu lama, maka dapat memicu masalah rambut lainnya seperti kerontokan dan bercabang. Berikut adalah daftar shampo yang khusus ditujukan untuk rambut kering:

TRESemme Total Salon Repair Shampoo

TRESemme Total Salon Repair Shampoo

Shampoo dari TRESemme ini diformulasikan khusus untuk masalah rambut kering. Kualitasnya pun sudah tidak perlu diragukan lagi Syarah People. Di dalam shampoo ini terdapat kandungan nourishing power ionic complex yang bertugas untuk memperbaiki rambut yang rusak, serta menguatkan setiap helai rambut. Harganya cukup terjangkau yaitu Rp 61.000.

Dove Total Damage Treatment Shampoo

Dove Total Damage Treatment Shampoo

Selanjutnya adalah shampo dari Dove. Shampo ini mengandung keratin repair yang berfungsi untuk memperbaiki keratin rambut yang rusak. Dove Total Damage Treatment Shampoo mengklaim bahwa kerusakan rambut seperti kusam, rapuh, kering, dan bercabang dapat diatasi hanya dengan keramas dengan produk ini. Harganya sekitar Rp 60.000 per botolnya.

Pantene Pro-V Daily Moisture Renewal Hydrating Shampoo

Pantene Pro-V Daily Moisture Renewal Hydrating Shampoo

Rekomendasi yang ketiga adalah dari Pantene, kalian pasti sudah tau kan dengan brand satu ini? Kualitas Pantene memang sudah terbukti sejak lama Syarah People. Produk ini mengandung pro vitamin yang sangat baik bagi nutrisi rambut. Dengan produk ini, maka rambut kalian akan kembali lembab, lembut, dan sehat. Kalian bisa membelinya dengan harga Rp 45.000 saja.

Baca Juga: Rekomendasi Maskara Waterproof untuk Bulu Mata Kamu!

Masker Rambut

Merawat rambut kering dan mengembang tidak hanya dengan keramas saja ya. Kalian tetap perlu perawatan tambahan, salah satunya dengan menggunakan masker khusus rambut. Ada banyak brand yang telah mengeluarkan produk masker rambut, jadi kalian tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan rambut kalian ya Syarah People.

Makarizo Fibertherapy Hair & Scalp Cream with Royal Jelly Extract

Makarizo Fibertherapy Hair & Scalp Cream with Royal Jelly Extract

Rekomendasi masker rambut yang pertama yaitu dari Makarizo. Produk masker ini mengandung minyak nabati alami dan ekstrak royal jelly, sehingga sangat berkhasiat untuk menutrisi kulit agar tetap lembab dan sehat. Kalian hanya perlu mengoleskan pada rambut secara merata, tunggu antara 2-5 menit kemudian bilas dengan air.

L’Oreal Paris Smooth Intense

L’Oreal Paris Smooth Intense

Rekomendasi masker rambut yang kedua adalah dari L’Oreal. Masker ini mengklaim mampu mengatasi masalah rambut kering, kusut, kasar, serta susah diatur. Rambut akan terasa lembut dan halus selama 48 jam. Kandungan utamanya yaitu argan oil dan thermo protect agent, keduanya sangat berkhasiat membuat rambut tampak lebih sehat.

Pantene Hair Fall Control Intensive Hair Mask

Pantene Hair Fall Control Intensive Hair Mask

Selain shampo, Pantene juga memiliki produk masker rambut loh. Masker ini mampu mengatasi masalah rambut rontok yang diawali rambut kering. Hampir sama dengan shamponya, masker ini juga mengandung pro-vitamin yang penting untuk kesehatan rambut. Gunakan setidaknya 2 kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.

Vitamin Rambut

Rangkaian perawatan berikutnya yaitu dengan menambahkan vitamin pada rambut. Menambahkan vitamin pada rambut akan membuat rambut semakin ternutrisi, sehingga menjadi semakin sehat dan terhindar dari masalah. Beberapa rekomendasi vitamin rambut ini mungkin bisa kalian jadikan referensi.

Ellips Hair Vitamin PRO keratin Complex

Ellips Hair Vitamin PRO keratin Complex

Vitamin ini memiliki kandungan keratin yang cukup besar, sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut kalian. Keratin akan bertugas untuk memperkuat akar rambut, sekaligus memberikan efek berkilau. Cukup oleskan secara merata saat rambut dalam kondisi setengah kering setelah keramas.

Makarizo Advisor Hair Vitamin

Makarizo Advisor Hair Vitamin

Vitamin rambut dari Makarizo mengandung pro vitamin B5, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Semua vitamin tersebut mampu mengembalikan kelembaban alami rambut yang kering dan rusak. Selain itu, masker ini juga memiliki kandungan silk protein yang dapat menguatkan rambut agar tidak mudah rontok.

Sunsilk Soft and Smooth Vitamin

Sunsilk Soft and Smooth Vitamin

Saat rambut kalian terasa kering dan kusut, kalian bisa coba vitamin dari Sunsilk ini. Kandungan essential oil dan vitamin E di dalamnya mampu menjadikan setiap helai rambut menjadi kuat. Meski fungsi utamanya menguatkan akar rambut, tetapi vitamin ini tidak akan membuat rambut kalian kaku. Sehingga rambut akan terasa lembut, halus dan tidak kusut.

Miranda Hair Vitamin

Miranda Hair Vitamin

Rekomendasi vitamin yang terakhir yaitu dari Miranda. Formulanya kaya akan moroccan argan oil yang sangat berkhasiat untuk memperbaiki tekstur rambut yang kering atau rusak. Selain untuk rambut kering, Miranda Hair Vitamin juga menyediakan 5 varian lainnya untuk berbagai macam masalah rambut.

Meski penampilan rambut merupakan hal yang penting, namun menjaga kesehatan rambut juga tetap menjadi prioritas utama ya. Kalian harus merawat rambut kering dan mengembang secara tepat, dimulai dengan memakai shampo, masker, dan vitamin yang sesuai dengan kondisi rambut kalian. Kemudian jaga rambut agar tidak terlalu lama terpapar zat kimia dan polusi udara.

Oke Syarah People, mungkin itu saja pembahasan kita seputar cara merawat rambut kering dan mengembang. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian. Terima kasih sudah berkunjung di Syarah.id.

Ade Seorang yang dinamis, suka petualangan dan berteman. Lahir dan besar di Sukoharjo, dan saat ini sedang menjalani keseharian di Ibu Kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *