Hae Gonna smile at you if you say Hi on me, and if you want to know me, Lets glance at each other! or see me on my social media! :)

Kenali Penyebab Kulit Wajah Kering Dengan Cara Berikut!

Setelah sekian ulasan mengenai makeup, author akan kembali membahas soal permasalahan kulit nih Syarah People. Author akan bahas soal permasalahan kulit, bedanya adalah, pembahasan kali ini berfokus pada soal permasalahan kulit wajah yang kering. Kulit wajah yang kering bisa kalian deteksi dengan cara mencuci wajah kalian, kemudian diamkan wajah kalian selama kurang lebih 15 menit.

Lalu tempelkan tissue atau oil-paper ke bagian pipi, dahi, dan dagu. Apabila keempat tissue tersebut tidak menempel, maka bisa dipastikan kulit kalian adalah kulit kering. Tetapi bisa juga ditandai dengan minyak yang berlebihan diseluruh bagian wajah dan juga kusam.

Penyebab Kulit Wajah menjadi Kering

Kulit yang kering selain merupakan bawaan genetik alias bawaan lahir, juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor eksternal dan internal. Faktor-faktor eksternal dan internal tersebut dapat membuat menjadi kulit menjadi kering secara langsung maupun tidak langsung.

Beberapa faktor penyebab kulit wajah kering tersebut meliputi :

1. Salah memilih sabun

Sabun yang bersifat basa atau terlalu asam akan membuat kulit menjadi lebih kering. Kandungan yang ada pada sabun, cukup berpengaruh terhedap kelembapan kulit. Apalagi jika sabun tersebut digunakan secara terus menerus dan melebihi aturan pemakaian yang sudah tertera. Penggunaan sabun antibiotik untuk sehari-hari juga tidak direkomendasikan karena akan membuat kulit menjadi lebih kering.

2. Over eksfoliasi

Eksfoliasi adalah hal yang direkomendasikan untuk dilakukan pada kulit badan dan wajah. Karena bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit, kegiatan ini dapat dilakukan dengan 2 cara. Yaitu secara physical atau chemical. Untuk physical, dapat dilakukan dengan cara scrubbing.

Sedangkan chemical dapat dilakukan dengan menggunakan eksfoliator kimiawi seperti skincare yang mengandung turunan Vitamin A. Namun jika dilakukan berlebihan, dapat berakibat pada lapisan kulit terluar menjadi kering dan lebih sensitif.

3. Salah menggunakan skincare

Skincare bisa diumpamakan sebagai pedang bermata dua. Jika penggunaannya dilakukan dengan tepat, maka ia akan benar-benar membantu dalam penyembuhan masalah kulit. Tetapi jika penggunaannya kurang tepat, maka ia juga bisa menjadi faktor penyebab munculnya masalah kulit.

Salah menggunakan skincare bisa meliputi penggunaan produk secara terus menerus, yang mana sebenarnya produk tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Tidak semua produk yang cocok pada kulit temanmu, atau beauty vlogger yang kamu ikuti, juga akan cocok untuk kulitmu. Maka dari itu kamu harus benar-benar memperhatikan produk-produk apa saja yang dapat menyebabkan kulitmu menjadi terasa kering sehingga menimbulkan permasalahan kulit yang lain.

Baca Juga: Hanya 3 Hari, Atasi Bibir Kering dengan Cara Ini!

4. Faktor Usia

Bertambahnya usia manusia memang tidak dapat dihindari. Hal tersebut merupakan mutlak. Kecuali kamu adalah vampire!. Wow halu sekali anda author!. Oke, balik ke topik utama, hehehe. Usia yang bertambah juga dapat mempengaruhi jalannya proses regenerasi kulit.

Semakin bertambah usia, maka kemampuan kulit untuk dapat memproduksi kolagen semakin menurun. Kolagen adalah zat dalam tubuh yang memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya melembapkan kulit. Jika kemampuan produksi kolagen pada tubuh semakin menurun, maka kelembapan kulit juga akan semakin menurun.

5. Kurang Minum

Faktor yang terakhir adalah kurang minum. Ini adalah faktor yang sering terlupakan dan bahkan dianggap sepele. Padahal kurangnya air dalam tubuh juga dapat mempengaruhi kelembapan kulit. Hal ini disebabkan hampir seluruh proses biologis dan kimiawi dalam tubuh memerlukan air (H2O) dalam proses keluar masuk protein pembangun yang ada dalam tubuh.

Termasuk untuk mendukung proses pembentukan kolagen yang menjadi zat utama dalam menjaga kelembapan kulit. Jika jumlah air dalam tubuh kurang, maka juga akan berpengaruh pada proses-proses tersebut dan menghambat bagian-bagian tubuh bekerja dengan maksimal, termasuk kulit.

Kesimpulan

Hal-hal diatas adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan kulit kamu menjadi kering, selain karena genetik. Penggunaan skincare, jumlah air yang kita minum, sabun yang kita gunakan adalah bagian-bagian dari pola hidup yang kita jalani setiap hari. Jika sudah terbiasa, memang terasa sulit untuk mengubahnya. Tetapi jika tidak diubah, maka kondisi kulit akan semakin memburuk. Semoga kalian tetap bijak untuk mempertahankan kebiasaan-kebiasaan baik untuk kesehatan kalian ya, Syarah People!.

Terimakasih sudah menyimak.

Hae Gonna smile at you if you say Hi on me, and if you want to know me, Lets glance at each other! or see me on my social media! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *