Review Toner Cuka Apel Bragg untuk Wajah

Jujur, toner cuka apel ini sempat menjadi holy grail toner untuk author, karena sangat membantu author untuk menyembuhkan kulit yang sedang tidak baik-baik saja.

Berawal dari coba-coba, hingga akhirnya merasakan sendiri manfaat dari toner cuka apel ini.

Awalnya author nggak beli cuka apel full size, melainkan di online shop yang menjual toner cuka apel siap pakai, sesuai dengan takaran yang kita inginkan.

Dengan jangka waktu pemakaian kurang lebih 1 tahun, author bisa bilang bahwa toner ini cukup bagus.

Nah, dengan senang hati author akan membagikan review toner cuka apel dari Bragg untuk wajah. And here’s the review!

Packaging

kemasan cuka apel bragg

Yang author pakai hanya cuka apel merk BRAGG ya. Karena cuka apel ini unfiltered, yang mana cuka apelnya masih murni, bahkan di dalamnya terdapat endapan dari apel yang terfermentasi.

Cuka apel Bragg dibungkus dengan menggunakan botol kaca yang cukup tebal. Bentuknya sederhana dan terdapat keterangan produk pada kertas kemasan yang tertempel pada botol.

Untuk digunakan sebagai toner, biasanya author akan pindahkan ke botol yang kecil dan tutup yang fliptop atau spray agar tidak kesusahan untuk mengaplikasikannya. Kamu bisa beli botol travel package di minimarket atau toko kosmetik terdekat.

Manfaat

Toner cuka apel Bragg memiliki manfaat untuk digunakan pada kulit, antara lain yaitu membantu meredakan inflamasi, mempercepat regenerasi sel kulit, dan bahkan mengobati jerawat.

Selama satu tahun pemakaian, toner ini cukup membantu meredakan jerawat karena kulitku acne prone dan sensitif. Pori-pori menjadi samar karena semakin bersih, alhasil terlihat seperti mengecil.

Cuka apel Bragg mengandung acetic acid yang berfungsi sebagai antifungi dan antimikroba.

Dimana dapat mencegah jamur dan bakteri bersarang di permukaan kulit, sehingga membantu meredakan jerawat yang selain disebabkan oleh menumpuknya keratin, juga disebabkan oleh bakteri.

Dan ini terbukti di kulitku yang dulu banyak jerawat, setelah satu tahun pemakaian, jerawat hampir bersih bahkan lebih bisa terkontrol. Paling hanya satu atau dua yang muncul karena haid. Kulit menjadi lebih cerah dan bersih.

Kandungan kedua yang ada pada cuka apel Bragg yang dapat bermanfaat untuk kulit adalah Citric acid atau biasa dikenal sebagai AHA.

AHA pada skincare memiliki fungsi untuk membantu merontokkan sel-sel kulit mati dan merangsang terjadinya regenerasi sel kulit yang baru.

Ini cukup membantu untuk jerawat-jerawat agar lebih cepat mengering.

Keratin yang menumpuk di pori-pori akan dibersihkan oleh AHA sehingga penyebab jerawat makin berkurang. Bekas jerawat pun juga ikut memudar sedikit demi sedikit karena sel kulit terus beregenerasi.

Harga Cuka Apel Bragg

Harga cuka apel ini bervariasi Syarah People, tergantung dari ukurannya. Pun juga setiap penjual bisa berbeda-beda dalam memberi harga.

Berikut author bagikan harga cuka apel Bragg berdasarkan hasil riset author yah. Simak Syarah People.

Daftar Harga Toner
Ukuran 100mlSekitar Rp 45.000 – Rp 55.000
Ukuran 60mlSekitar Rp 25.000 – Rp 35.000

Jika kalian ingin membuatnya sendiri, kalian bisa membeli cuka apel Bragg share in bottle di online shop dengan kisaran harga Rp 50.000,- hingga Rp 60.000,-.

Cara Membuat Toner dengan Cuka Apel

toner cuka apel

Bahan-Bahan Toner

Bahan yang dibutuhkan sebagai berikut :

  1. Gelas takar
  2. Cuka Apel BRAGG
  3. Botol kosong 250ml
  4. Air mineral

Takaran

Takaran untuk setiap jenis kulit berbeda-beda. Semakin sensitif kulit, maka takaran untuk cuka apel bragg semakin sedikit. Berikut ini masing-masing takaran berdasarkan jenis kulit:

  1. Normal = 1 cuka apel : 2 air mineral
  2. Berminyak/ berjerawat = 1 cuka apel : 1 air mineral
  3. Sensitif = 1 cuka apel : 3 air mineral

Tapi jika kalian baru akan mencoba, ada baiknya takaran yang digunakan adalah takaran untuk kulit sensitif atau berjerawat. 

Jika kalian sudah bisa memastikan bahwa kulit kalian tidak menolak toner cuka apel ini, kalian bisa menaikkan takaran jika kalian mau. 

Cara membuatnya cukup mudah. Biasanya, untuk kulit author yang kombinasi, author menggunakan takaran untuk kulit normal. 

Cukup campurkan 50ml cuka apel dengan 100ml air mineral, lalu kocok sebentar. Biasakan kocok dahulu sebelum digunakan. Cukup mudah kan, Syarah People?.

Pencampuran antara cuka apel dan air ini memang dianjurkan dalam penggunaan cuka apel sebagai skincare. Karena penggunaan cuka apel secara langsung terhadap kulit akan memiliki resiko iritasi yang lebih parah, atau bahkan sensasi terbakar. 

Perhatikan juga warna pertama kali setelah dicampurkan. Apabila dalam beberapa bulan warna semakin pekat, maka hentikan pemakaian dan ganti dengan campuran yang baru.

Untuk penggunaan pertama kali, tuang toner pada kapas, lalu oleskan di bagian tertentu pada wajah. Lihat bagaimana reaksi kulitmu. Jika itu hanya purging, maka aman untuk lanjutkan pemakaian. Tetapi jika kulitmu breakout, langsung hentikan pemakaian ya!.

Kesimpulan

Jika kalian menggunakan toner cuka apel untuk pemakaian harian, usahakan kalian rajin mengamati perubahan yang terjadi pada kulit kalian.

Meskipun sejauh ini bagus untuk digunakan, efek samping seperti iritasi atau bahkan kemerahan bisa terjadi.

Hal ini disebabkan karena setiap kulit memiliki tingkat sensitifitasnya masing-masing, dan juga reaksi kulit antara satu orang dengan orang yang lain dapat berbeda.

So, tetap perhatikan apa yang dibutuhkan oleh kulitmu ya, Syarah People.

Semoga review ini membantu kalian, Syarah People. Terima kasih. 🙂

Gonna smile at you if you say Hi on me, and if you want to know me, Lets glance at each other! or see me on my social media! :)

Dipublikasikan pada: 25 Agustus 2020 | Terakhir diperbarui: 16 November 2020

Berikan nilai dan komentar

Nilai*